Manfaat Menikah Muda Untuk Kehidupan Sehari - Hari

Menikah di usia muda. Hmmm…, Tak banyak orang yang berani melakukan hal ini. Alasannya bermacam-macam, mulai dari takut kehilangan kebebasan, belum siap secara mental, juga kekhawatiran bahwa rencana berkarir akan gagal. 

Come on, tidak semua kekhawatiran itu benar adanya. Soal karir misalnya, siapa sangka menikah muda justru akan lebih menguntungkan untuk peningkatan karir. Apalagi jika Anda dan pasangan menunda memiliki anak terlebih dahulu. 

Tidak percaya? Jika Anda sedang merencanakan pernikahan, atau malah sudah menikah sejak usia awal 20-an, silakan Anda delapan keuntungan karir yang bisa didapatkan karena menikah di usia muda.

1. Lebih Fleksibel 
Pernahkah Anda melihat pasangan suami istri hidup terpisah untuk mengejar karir masing-masing? Nah, ini biasanya masih memungkinkan untuk pasangan yang menikah di usia muda. 

Berbeda dengan pasangan yang usianya lebih “tua”, pasangan usia muda mempunyai toleransi yang lebih tinggi terhadap perubahan dan gampang beradaptasi. Mereka tidak keberatan harus hidup berjauhan untuk sementara demi karir. Menikah bukan berarti harus “nempel” selamanya, dan pasangan muda lebih fleksible untuk hal ini. 

2. Mudah Mengontrol Emosi 
Menikah muda bisa jadi Anda dan pasangan memang belum cukup 'matang' dalam perjalanan hidup. Namun kematangan ini dapat Anda bentuk bersama, termasuk dalam hal mengontrol emosi dan berhadapan dengan orang lain. 

Terbukti pasangan yang menikah di usia muda akan cepat dewasa secara mental dan lebih elegan dalam bertindak tanduk. Tak heran karir bisa lebih maju karena Anda dan pasangan sudah bisa membawa diri dengan lebih baik. 

3. Sama-Sama Mengejar Cita-cita 
Masa muda adalah masa mengejar cita-cita. Peluang untuk mengejar karir yang lebih baik bisa terjadi pada usia masih muda. Dengan menikah di usia muda Anda memperoleh dua keuntungan, pertama Anda dan pasangan masih muda dan kedua, Anda punya target dan goal yang lebih kuat untuk mendapatkan karir terbaik. 

Selain sama-sama mengejar cita-cita, Anda dan pasangan juga akan saling mendukung, sehingga tidak heran bisa mendapatkan jenjang karir yang diimpikan. 

4. Belum Punya Banyak Kebutuhan  
Pasangan muda belum banyak memiliki kebutuhan dan tanggungan yang dapat menghambat karir, terutama jika menunda mendapatkan anak dan fokus pada karir.  

Anda dan pasangan bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi demi mendukung karir, juga mengambil beberapa internship tak berbayar yang bisa menambah poin dalam CV Anda dan pasangan. 

5. Keuangan Lebih Terkontrol 
Di samping menjadi motivasi dalam bekerja, pasangan yang menikah muda biasanya lebih bersemangat untuk mencari pendapatan. Anda dan pasangan bisa menyusun rencana masa depan dan mencapai target dengan lebih cepat. 

Sangat berbeda dengan mereka yang single yang sering tidak memiliki target, sehingga banyak dari mereka yang gemar menghambur-hamburkan uang. 

6. Tanggung Jawab Untuk Karir Lebih Tinggi 
Dalam hal bekerja dan meniti karir, orang yang sudah menikah jauh lebih serius dan bertanggung jawab dengan pekerjaannya. 

Ambisi untuk meraih kesuksesan tidak akan sirna hanya karena Anda sudah berumah tangga. Anda dan pasangan justru akan lebih bersemangat dalam mencapai target karena ada masa depan keluarga yang menjadi tanggung jawab. 

7. Mendapat Dukungan Lebih 
Dalam pekerjaan apapun, masalah pasti akan muncul. Namun di awal-awal karier, butuh waktu untuk beradaptasi dengan masalah dan tekanan kerja, sehingga banyak karyawan muda cepat merasa down dan bahkan stress. Bagi yang sudah memiliki pasangan hidup, tekanan mental ini akan berkurang karena ada support system di rumah yang senantiasa mendukung dan bahkan meringankan beban Anda. 

8. Bantuan Finansial 
Two is better than one. Jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja, menikah muda bisa membantu kondisi finansial bersama. Saat yang satu mengalami kekurangan dalam hal keuangan, pasangan siap membantu sebagai back up. Pengaturan keuangan pun dilakukan bersama sehingga Anda dan pasangan akan lebih bertanggung jawab. 

Menikah muda tak harus jadi penghambat kemajuan karir. Jika dilakukan dengan benar, pernikahan di usia muda justru membawa banyak kebaikan bagi kehidupan profesional Anda dan pasangan. 

Anda juga menikah muda? Bagaimana efeknya pada karir Anda? Ceritakan pada kami di kolom komentar di bawah ini.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor