Tips Agar Pertemuan Dengan Client Sukses Untuk Anda Yang Pemalu

Bagi individu yang tergolong pemalu, acara pertemuan dengan client kadang menjadi hal yang menakutkan. Anda tahu betul pentingnya pertemuan dengan client untuk karier Anda, tapi aduh, membayangkan saja sudah gugup! 

Jadi apakah hanya mereka yang ceria dan extrovert yang cocok untuk pertemuan dengan client? Tentu tidak! Anda yang cenderung pemalu atau introvert juga dapat meraup manfaat dari pertemuan dengan client

Coba tips di bawah ini untuk meringankan ketakutan Anda yang harus bersosialisasi di acara pertemuan dengan client.

1. Buat Target Realistis
Jadi Anda tidak akan merasa tertekan atau gagal jika hanya berbincang dengan dua, tiga individu. Anda juga akan lebih fokus dalam mengembangkan hubungan dengan beberapa individu baru. Jangan khawatir, Anda tidak sedang berkompetisi untuk mendapat banyak kenalan baru. 

Di penghujung hari, punya 2-3 kenalan baru dengan hubungan yang terjalin baik akan lebih berguna dalam perjalanan karir Anda daripada sebaris nama asing dalam kontak Anda yang tak pernah Anda follow up.

2. Ajak Searing Teman
Sebuah acara pertemuan dengan client akan terasa tidak terlalu mengintimidasi jika Anda kenal seseorang di sana. Anggap saja teman Anda sebagai zona nyaman kecil. 

Anda juga dapat membantu satu sama lain dengan saling memperkenalkan kepada kenalan baru. Ingat: Jangan hanya berbincang-bincang dengan teman Anda di pojokan saja, ya.

3. Datang Lebih Awal
Bagaimana jika Anda harus menghadiri acara pertemuan dengan client sendirian? Coba datang lebih awal. Di awal acara, Anda bisa merasa lebih rileks karena jumlah peserta masih belum banyak dan Anda akan lebih mudah menghampiri seseorang.

4. Tersenyum
Satu hal yang sering dilupakan peserta acara pertemuan dengan client adalah selain aktif menghampiri, mereka juga perlu terkesan mudah dihampiri. Salah satu caranya, ya tersenyum. Anda mungkin tidak perlu mendatangi, tapi jika Anda terlihat galak dan tidak ramah, kapan Anda akan dihampiri?

5. Manfaatkan Sisi Kepribadian Anda
Setujukah Anda jika kami mengklaim bahwa individu yang pemalu cenderung lebih suka mendengarkan daripada berbicara? Manfaatkan sisi tersebut! Orang-orang cenderung senang bicara tentang diri sendiri, jadi persiapkan beberapa pertanyaan seputar karir dan industri yang mendasar. 

Tidak hanya bertanya, Anda juga perlu bersiap memberi respon yang relevan. Perbanyak membaca informasi terkini agar percakapan berjalan dengan lancar.

6. Jangan Lupa Minta Kotak
Mungkin Anda adalah tipe yang cenderung pemalu jika harus menghampiri orang asing, namun tidak bermasalah dengan interaksi tertulis. 

Kalau begitu, setelah berkenalan, jangan lupa untuk meminta kartu nama atau kontak dari kenalan baru Anda agar Anda bisa follow up melalui email atau aplikasi instant messenger.

7. Mengeksplorasi Media Koneksi Yang LainSumber koneksi tidak hanya datang dari acara-acara yang penting, loh. Baik dengan menghadiri acara-acara dan kegiatan, atau melamar untuk menjadi pekerja sukarela, jika berada di suasana yang familiar lebih membantu Anda untuk aktif dan rileks, silakan saja mencobanya.


Skein informasi dari saya, semoga membantu :)

Related Articles

0 comments:

Post a comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor