Belajar Bahasa Bali Sendiri

Hallo sahabat blogger, gue Antonius Putu Satria dan gue memang punya keturunan Bali dari bokap gue, tapi semenjak gue lahir sampai sekarang besar gini, gue bergaul sama orang orang Jakarta dan sekitarnya, jadi ga ngerti sama sekali soal bahasa Bali.

Sewaktu bokap gue nelfon sama sodara di Bali pun gue ga ngerti apa yang di bicarakan, makanya sampe sekarang gue jarang pulang ke Bali dan gue juga ga begitu deket sih sama keluarga di Bali.

Tapi semalem gue abis diajarin sedikit bahasa di Bali yang paling sering di gunakan atau di ucapkan pada saat percakapan dengan orang Bali.

Berikut ini gue catet dan gue tuliskan di sini dan siapa tau yang baca tulisan ini bisa paham dan ngerti jadi jika suatu saat pergi ke Bali, setidaknya ada kata - kata yang kita tahu dan mengerti. hehehehe.

Punapi Gatra (halus) = Kenken Kabare = Apa Kabar?

Titiang (halus) = Raga (baca : rage) = Saya

Sampun/ampun (halus) = Suba ( baca : sube) = Sudah

Matur Suksma = Terimakasih

Lakar Kija = Mau Kemana?

Mai Melali = Ayo Jalan-jalan

Seduk = Lapar

Pedih = Marah

Tresna = Cinta

Bli = Kakak laki-laki

Mbok = Kakak Perempuan

Adi = Adik

Sirep = Tidur

Gelem = Sakit

Poh = Mangga

Saking Napi = Uling kije = Darimana

Kija (baca : Kije) = Kemana

Dija (baca : Dija ) = Dimana

Dot = Ingin

Ampunan = eda (baca : ede) = Jangan

ampura = maafkan

melajah = belajar

-Kalau untuk angka dari satu sampai sepuluh seperti ini :
1 - Siki, diri
2 - Kalih
3 - Tiga
4 - Pat
5 - Lima
6 - Nem, enem
7 - Pitu
8 - Kutus
9 - Sia
10 - Dasa

-Mungkin itu dulu kali ya, soalnya baru itu yang gue pelajari dan mungkin lain waktu bisa di tambah dan ditambah terus jadi buat teman - teman dan sahabat blogger yang baca, bisa mengerti dan mudah

- mudahan bisa lancar jadi ga kagok lagi kalau tinggal di Bali. :))

Salam,
AntoniusPSK

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor