Unsur Unsur di dalam Game

Kita sering mendengarkan kata Game. Apakah Game itu ? Menurut dari referensi yang saya tangkap dan berdasar pengalaman saya didalam memainkan Game bahwa pengertiannya adalah Game merupakan permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh interaksi berupa video dan juga gambar yang menarik sehingga para pemain bisa memainkan sebuah Game.

Ternyata di dalam sebuah game yang sering kita lihat dan bahkan sering mainkan terdapat beberapa unsur yang tertanam di dalam game tersebut. Mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadari beberapa unsur tersebut ada di dalam game tersebut karena sebenarnya unsur tersebut lah yang sebenarnya membuat game tersebut ada dan di buat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

A. Story Line
-Story line dilihat dari arti kata bahasanya yaitu Jalan cerita dan penjelasannya adalah Story Line merupakan Jalan cerita dari sebuah game yang sangat berperan penting dalam pembuatan Video Game. Story Line yang bagus menurut kebanyakan orang membuat game tersebut akan terkenal dan akan membuat gamer menjadi ingin lebih tahu tentang cerita itu. Biasanya Alur cerita tidak digunakan pada semua game, hanya jenis game tertentu yang menggunakan alur cerita misalnya adventure game, RPG game, Real Time Strategi (RTS) game dan action game.

B. Game Play
- Gameplay merupakan cara sebuah gamers untuk berinteraksi dengan game tertentu. Biasanya gameplay dalam Video Game sangatlah berpengaruh dalam Pembuatan Game. semakin Game tersebut mudah untuk dimainkan maka semakin banyak yang menyukainya walaupun kadang kala ada beberapa game yang dmana Gameplay nya tidak mudah akan tetapi karena penjelasan tutorial yang mudah dimengerti maka game tersebut juga dapat banyak peminatnya

C. Types of Writing
-Dalam proses pembuatan Game, Types of writing yang merupakan penulisan kata-kata dalam game juga termasuk dalam salah satu peran dalam Game yang tidak dapat terelakkan. Types of writing ini memberikan kesan rapih dan lebih interaktif dalam memainkan game, karena dalam tata letak, bentuk dan animasi tulisan dapat membuat gamer lebih gampang untuk mengetahui alur cerita dan lebih menyenangkan untuk dilihat.

D.  Programmer
-Buat yang merasa anak Teknik Informatika atau anak Komputer pasti pernah mendengar kata ini dan tentunya sudah tidak asing lagi. Programmer merupakan orang yang pandai membuat program dan dengan kata lain seorang programmer harus memiliki logika yang bagus dan teliti tentunya. Dalam pembuatan Game, Programmer bertanggung jawab melakukan pemrograman dan optimalisasi penyandian untuk menciptakan port permainan dalam skala besar. Programmer sangatlah penting dalam pembuatan Game karena, dengan ada nya Programmer maka muncullah Video Game dengan banyak fitur-fitur menarik didalamnya. Tidak hanya itu, dalam pembuatan Gameplay sebuah Game, disini Programmer sangatlah berguna untuk membuat koneksi antara User dengan Game yang dimainkan.

E.  Coordinator
-Seorang koordinator sesuai dengan namanya yaitu koordinator yang memiliki tugas untuk mengkoordinir berarti membagi - bagi tugas agar tugas tersebut lebih efisien dan cepat terselesaikan dengan tepat dan juga benar. Di dalam Game ternyata kehadiran koordinator kehadirannya sangat penting. Koordinator, dalam industri game adalah Orang yang mengawasi kerja pembuatan game dan juga yang mencoba game tersebut sebelum di pasarkan sehingga jika terjadi kesalahan dalam pembuatan maka koordinator dapat memberitahukan kesalahan yang terjadi dalam game tersebut dan diharapkan dapat memberikan solusi untuk permasalahannya.

F.  Character
-Karakter merupakan salah satu unsur yang paling berpengaruh di dalam suatu game karena bagaimanapun karakter lah yang membuat game menjadi lebih menarik untuk dimainkan. Karakter dalam Video Game merupakan salah satu yang berpengaruh dalam Pembuatan Game, karena Jika pembuatan Karakter yang bagus dan imaginatif serta memiliki sifat yang pas dengan Story Line nya maka Game itu akan terasa lebih hidup dan membuat Gamer menyukai karakter tersebut. Dalam Pembuatan Karakter yang paling penting adalah Tokoh Utamanya. Salah satu game yang sering saya mainkan yaitu DotA karena memiliki banyak karakter yang memiliki karakteristik yang berbeda beda dan memiliki bentuk yang unik maka dari itu saya sering memainkan game tersebut.

G. Graphic
-Grafik di dalam game membuat pemain atau gamers menjadi lebih tertarik untuk memainkannya. Tetapi banyak permasalahn yang sering saya temui di dalam kehidupan sehari hari. Misalnya saja untuk persoalan secara umum semakin bagus dan detail dari gambar dan grafik yang tinggi, maka harus semakin tinggi spesifikasi untuk program yang ingin memainkan permainan tersebut, misalkan laptop, komputer dan semacamnya. Banyak game yang sangat menonjolkan Grafis yang sangat Detail, ini dikarenakan semakin Grafis dalam game tersebut bagus maka semakin pula Game tersebut terlihat sangat mengagumkan bagi para Gamer. Game dengan Grafis yang terbaik biasanya di seimbang kan dengan tipe game tersebut.

Sekian penulisan dari saya ini semoga penulisan ini berguna bagi para pembaca sekalian dan di dalam proses penulisan ini saya memiliki referensi tersendiri, dan berikut ini referensi saya:
 http://arbacit.blogspot.com/2012/04/unsur-unsur-di-dalam-game-bag1.html

END

Related Articles

1 comments:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill seperti

    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id
    - www.baak.gunadarma.ac.id

    untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    ReplyDelete

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor