Manusia dan juga Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.Banyak sekali hubungan antara manusia dan juga tanggung jawab.Contoh tanggung jawab dari manusia yaitu seorang pria yang harus menafkahi istri dan juga anak - anak nya kelak itu juga merupakan tanggung jawab yang harus di emban dan resiko yang harus dimilki oleh para pria setelah memiliki seorang istri dan juga anaknya.Di dalam sesuatu pekerjaan kita juga harus memiliki tanggung jawab .Misalkan kita harus menyelesaikan susatu pekerjaan
sampai jangka waktu yang di tentukan maka kita hrus segera menyelesaikan nya dan bukan di biarkna bergitu saja karena hal tersebut dapat menimbulkan kelonggaran waktu dan menjadi tidak balance.Banyak yang harus dilakukan dengan tanggung jawab .Sebagai mahasiswa saya juga memiliki banyak tanggung jawab.Yaitu mengikuti proses belajar di dalam dunia kampus sehingga dapat lulus menjadi seorang sarjana sampai nanti saya memiliki keluarga dan dapat menafkahi mereka.Tanggung jawab bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksa tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawabitu dapat dilihat dari dua sisi yaitu dari sisi yang berbuat dan dari sisi yang kepentingan pihak lain. Dari sisi si pembuat ia harus menyadari akibat perbuatannya itu dengan demikian ia sendiri pula yang harus memulihkan ke dalam keadaan baik. Dari sisi pihak lain apabila si pembuat tidak mau bertanggung jawab, pihak lain yang akan memulihkan baik dengan cara individual maupun dengan cara kemasyarakat.Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami, ister, ayah, ibu anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.
Tanggung jawab juga bisa dilakukan oleh orang yang kita sayangi.Banyak saya lihat di sekolah saya pada waktu SMA yaitu di  SMA Yadika 08 Jatimulya para anak - anak lelaki tidakk bertanggung jawab padahal mereka telah menghamili pacar mereka dan mereka melakukan hubungan tersebut di luar nikah .Banyak para wanita yang menangis dan menyesal karena ternyata para pria - pria tersebut hanya ingin menikmati tubuhnya saja dan mereka tidak mau bertanggung jawab terhadap pacar mereka akibatnya berpengaruh terhadap kehidupan si wanitanya dan Ia menjadi minder apabila bertemu dengan teman - temannya yang tau kondisi dia seperti apa sekarang ini bahkan dia sampai mengundurkan diri karena malu karena perutnya juga sudah mulai menjadi besar karena sedang terisi oleh jabang bayi yang akan lahir nantinya.
Seseorang mau bertanggung jawab karena ada kesadaran atau keinsafan, atau pengertian atas segala perbuatan dan akibatnya atas kepentingan pihak lain. Timbulnya tanggung jawab itu karena manusia itu hidup bermasyarakat, dan hidup dalam lingkungan alam. Manusia tidak boleh berbuat semaunya terhadap manusia lain dan terhadap alam lingkungannya.Pada hakekatnya, manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain, maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Sehingga dengan demikian, manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab, agar dapat melangsungkan hidupnya di dalam masyarakat tersebut.
Jadi pada intinya hubungan antara MANUSIA dan juga TANGGUNG JAWAB sangat besar sekali dan sangat berpengaruh pada kehidupan manusia itu sendiri.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor