Berlibur Tapi Produktif

Liburan Produktif

Menjelang Hari Raya Idul Fitri kantor-kantor tutup dan pegawainya melakukan cuti bersama. Kemana Anda akan menghabiskan waktu libur panjang? Jika Anda tidak pulang kampung atau berlibur keluar kota, berikut ini ada beberapa pilihan untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan yang produktif.

1. Membaca buku
Inilah waktu yang tepat untuk menikmati buku-buku yang sudah Anda beli, tapi tidak sempat dibaca karena kesibukan. Sebagian orang membeli buku, tapi tak punya waktu untuk membaca. Akhirnya, buku-buku yang sudah dibeli hanya teronggok atau masih terbungkus rapi tanpa sempat dibaca.

2. Membuat goal setting 
Waktu berjalan sangat cepat. Buatlah goal setting untuk tahun depan. Goal setting meliputi dua hal, yakni evaluasi kegiatan selama satu tahun terakhir dan menentukan target yang akan dicapai tahun depan. Dengan menetapkan goal setting Anda akan memiliki arah tujuan yang lebih jelas ke depannya. 

3. Merapihkan koleksi buku-buku
Apakah Anda sering membeli buku? Manfaatkanlah waktu liburan panjang untuk menata dan merapihkan koleksi buku-buku Anda di lemari atau rak. Buatlah katalog untuk menyusun koleksi buku-buku berdasarkan genre-nya, misal fiksi dan non-fiksi, sains, etc.

4. Beres-beres rumah
Rutinitas pekerjaan terkadang menggelamkan kita dalam kesibukan hingga tak punya waktu untuk merapihkan tempat tinggal. Saat liburan panjang gunakan waktu untuk menata barang-barang dan mengatur ruangan agar tidak bosan, seperti mengubah letak sofa atau meja dan mengecat dinding untuk ganti suasana agar tidak bosan.

5. Belajar keahlian baru untuk menunjang pekerjaan
Jika Anda seorang akuntan atau bekerja di bidang keuangan atau pajak bisa mengikuti kursus Brevet A, B, dan C. Kursus perpajakan dapat menambah ilmu di bidang perpajakan dan menambah keahlian bagi yang ingin menjadi konsultan pajak. Sedangkan bagi para fresh graduate yang akan melamar pekerjaan kursus Brevet dapat menambah portofolio.

6. Ikut kursus yang berhubungan dengan hobi
Anda punya rencana mengambil cuti tahunan dengan pergi liburan ke luar negeri? Sebelumnya, di waktu libur panjang ini ambillah kursus bahasa asing sesuai negara yang akan menjadi tempat tujuan liburan Anda. Belajar keahlian tertentu yang didasari oleh hobi akan lebih menyenangkan.

7. Berolahraga
Saat bekerja sebagian besar waktu Anda habiskan dengan duduk di depan meja komputer. Anda harus mengimbangi dengan olahraga untuk menjaga kesehatan. Di kala liburan panjang ini lakukan olahraga seperti jogging, mendaki gunung atau bersepeda.

8. Menonton film atau pertunjukan
Menonton film atau pertunjukan bisa mengendorkan syaraf-syaraf yang tegang setelah bekerja. Anda menonton film di rumah sambil bersantai di malam hari. Atau bisa juga menonton film di bioskop 3D. Jangan lupa beli Popcorn ya. 

9. Menghubungi teman di luar kota
Kesibukan kerja seringkali membuat kita lupa dengan teman-teman. Menjaga silaturahim sangat penting. Teleponlah teman Anda yang ada di luar kota untuk sekedar menyapa dan bertukar cerita tentang kegiatan masing-masing. Anda bisa melakukannya dengan menelpon atau video call.

10. Tidur siang 
Kala waktu bekerja biasanya ada karyawan yang suka mencuri-curi waktu untuk tidur siang. Di liburan panjang ini, Anda bisa tidur siang sepuas-puasnya. Biar tambah keren, tidurnya menggunakan hammock. Into dari tidur siang adalah meninggalkan rutinitas kantor dan bersantai.

Apapun yang Anda lakukan, inti dari liburan adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan di luar rutinitas pekerjaan kantor. Jadi, liburan tak selalu bepergian keluar kota. Anda tetap bisa berlibur tanpa meninggalkan kota koq. Akuilah, pergi berlibur keluar kota itu melelahkan dan buang-buang uang.

Source : Qerja.com

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor