Perusahaan yang bergerak dibidang Informatika

Hallo kali ini saya akan membuat tugas mengenai perusahaan yang bergerak di bidang Informatika. Berikut ini akan saya jelaskan berdasarkan referensi yang telah saya dapatkan.

PT. Swamedia Informatika

PROFILE
Jl. Sidomulyo No. 29, Bandung 40123
Phone : +62 22 2500442, +62 22 70118668
Fax : +62 22 2516808
Email : swainfo@swamedia.co.id
Website : www.swamedia.co.id

PT. Swamedia Informatika berdiri sejak tahun 1999, berkedudukan di Bandung. Dengan moto innovative IT Solution, kepuasan klien menjadi misi kami. Kami menawarkan solusi teknologi information & communication (infocom) yang inovatif dan komprehensif untuk memberikan hasil kerja yang berkualitas handal (reliable), aman (secure), dan sesuai kebutuhan (customized), tapi dengan harga yang sangat compétitif.

Setelah satu dekade berjalan,  banyak hasil yang telah dicapai. Kemampuan, penguasaan teknologi, dan pengalaman (portfolios) berkembang sangat signifikan. BUMN, lembaga pemerintah, dan sektor swasta telah menggunakan jasa kami, dan Industri telekomunikasi adalah klien setia kami.

Visi
Visi kami adalah menjadi perusahaan terkemuka yang mengedepankan kekuatan solusi  dan kompetensi di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan kepuasan stakeholders.

Misi 
- Memberikan pelayanan terbaik demi tercapainya kepuasan pelanggan dengan jaminan kualitas pekerjaan, kecepatan, ketepatan, dan harga yang kompetitif,
- Meningkatkan kemampuan dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia yang unggul dan dalat dipercaya,
- Mengoptimalkan penggunaan teknologi yang handal (reliable), aman (secure), dan murah (low cost),
- Membangun pusat riset dan pengelolaan portfolios perusahaan (library),
- Membangun kemitraan strategis dan bersinergi dengan klien maupun partner dengan prinsip saling menguntungkan,

SERVICE 
Untuk membuktikan komitmen memberikan pelayanan terbaik, Swamedia siap memberikan solusi layanan profesional kepada Anda untuk bidang-bidang sebagai berikut:

IT CONSULTANT
Merupakan kemampuan perusahaan menyediakan layanan di bidang konsultasi IT secara profesional untuk :
- Membantu klien dalam  mengidentiifikasi permasalahan dan menjawab perkembangan IT yang multi disiplin,
- Menyusun kerangka acuan (rencana induk) bagi pengembangan TI secara sistematis, bertahap dan berkesinambungan agar sinergi terhadap siklus program kerja masing-masing fungsi unit kerja, serta,
- Membantu merumuskan arsitektur sistem TI, yang mencakup aspek bisnis, aplikasi, data, dan teknologi serta kerangka kerja pengelolaannya agar dapat menjamin interkoneksi dan interoperabilitas berbagai infrastruktur yang dibantun.

SOFTWARE DEVELOPMENT
Merupakan layanan perusahaan untuk  menyediakan solusi di bidang riset dan pengembangan software secara customize, termasuk di dalam lingkup tersebut adalah jasa perancangan, pengembangan aplikasi, hingga implementasi dan pelatihan operasionalnya.
Kemampuan, penguasaan teknologi, dan pengalaman (portfolios) kami di bidang software development tidak perlu diragukan lagi. BUMN, lembaga pemerintah, dan sektor swasta telah menggunakan jasa kami, dan Industri telekomunikasi adalah klien setia kami.

SYSTEM INTEGRATION
Merupakan layanan perusahaan untuk  menyediakan solusi di bidang jasa integrasi sistem informasi dan pengembangan-pengembangan aplikasi solusi bisnis, seperti : ERP (Enterprises Resource Planning), CRM (Customer Relationship Management), SCM (Supply Chain Mangement System) serta Business Intelligence System.

SYSTEM OPERATION & MAINTENANCE
Merupakan bidang jasa yang dimaksudkan untuk membantu mitra bisnis dalam mengelola sistem informasi, sehingga mitra bisnis dapat lebih berkonsentrasi dalam menjalankan bisnisnya, dibanding harus selalu menyediakan resource untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi.

PRODUK 

1. BILL-X
Bill-X merupakan sebuah sistem aplikasi billing yang dikembangkan untuk menangani bisnis intercarrier antara penyelenggara jasa dan jaringan telekomunikasi baik domestik maupun internasional.

Sistem ini dapat mengakomodir beberapa layanan bisnis intercarrier, seperti layanan interkoneksi baik incoming maupun outgoing, layanan berbasis voip, layanan berbasis intelligent network, dan international calls service.

Bill-X dibangun dengan front end berbasis web sehingga memudahkan user dalam kegiatan operasional dan maintenance, serta core system yang dibangun secara modular sehingga lebih flexible dan adaptif terhadap perubahan baik regulasi maupun kebutuhan bisnis yang berkembang.

Setiap tahapan billing dapat diaktifkan atau di-deaktifasi secara mudah dan dapat dimonitor performansinya, serta dilengkapi dengan informasi log pada setiap tahapan untuk memudahkan audit trail terhadap tahapan proses billing.

Sistem ini diharapkan dapat memberikan konsistensi dan akurasi hasil billing yang optimal sehingga potensi kehilangan data dapat dihindari.

2. SILICON MANAGER
Silicon Manager atau sistem billing dan rekonsiliasi content merupakan sistem aplikasi yang dibangun untuk menyediakan solusi powerfull bagi siapapun yang berkecimpung dalam bisnis content. Seperti layaknya sebuah media center, sistem ini dilengkapi dengan fasilitas untuk menjalankan berbagai aktivitas berkaitan dengan kegiatan operasional dan support bisnis content.

Fungsi-fungsi yang disediakan antara lain mulai dari loading dan penyimpanan data, pengolahan & reporting billing, collection, tunggakan, rekonsiliasi dan revenue sharing content dari berbagai layanan content, tidak terbatas hanya layanan SMS, WAP & RBT, tetapi juga untuk next content, seperti: MMS dll.

Sistem ini dirancang  untuk dapat mengcover dan menyederhanakan secara sistematis & otomatis bisnis proses settlement content dan rekonsiliasi antara network provider dengan content provider, juga diantara content privider itu sendiri.

Sistem ini dilengkapi dengan tools Content Management System menyangkut data-data informasi profile Content Provider, layanan yang diselenggarakan, informasi content beserta revenue sharing setiap content sebagaimana yang tercantum dalam perjanjian kerja sama.

3. EASY WORKFLOW
Easy workflow merupakan sebuah workflow engine yang didesain agar mudah digunakan oleh user dengan  features yang powerful.

Dengan easy workflow, user akan dengan mudah  mendefinisikan maupun merancang form dan workflow yang dibutuhkan, dapat menginisiasi sebuah transaksi dari sebuah workflow yang telah dirancang, melakukan approval, maupun melakukan pemantauan transaksi serta pembuatan laporan disertai grafik yang mencakup informasi ukuran (measure) dari masing-masing transaksi meliputi status, waku tunda, waktu eksekusi, maupun total waktu yang dipakai.

4. R-CROSS 
R-CROSS adalah produk yang di rancang untuk menjawab kebutuhan replikasi data yang mampu menangani perpindahan data dan integrasi aplikasi berbasis Oracle Database. R-CROSS merupakan solusi replikasi yang bekerja di luar rentang beban database, sehingga memungkinkan sistem bekerja tanpa pengaruh sedikitpun pada performansi legacy system.

5. MOBILE ADVERTISING 
Mobads merupakan salah satu release product dari Swamedia di bidang mobile application. Aplikasi ini dapat ditanam dibeberapa merk dan jenis handphone dan atau PDA yang banyak dijumpai dipasaran.

Mobads akan memudahkan penggunanya untuk melakukan beberapa aktivitas, seperti mengirim iklan, melakukan request atau mencari iklan sesuai dengan kategori atau kriteria yang diinginkan, juga mendownload beberapa iklan sekaligus ke dalam handphone penggunannya.

Menu-menu navigasi yang disediakan lebih interaktif dan sangat memudahkan user, tersedia dalam versi teks dan gratis.

6. NEWS SUMMARY &ANALYSIS TOOLS 
Sistem aplikasi yang dapat mengelola pengarsipan secara elektronik berbagai informasi dari media baik media cetak (koran, majalah, tabloid, dll), media elektronik (TV, radio), dan media online.

Pengelolaan informasi dirancang dalam kelompok-kelompok sebagai berikut:
- Daily Management Summary
- Bank of Statement
- Headline
- Indeks
- Kliping
- Analisis

Sistem ini juga dilengkapi dengan kemampuan navigasi yang user friendly dan fasilitas pencarian canggih untuk mebantu user mendapatkan informasi secara cepat serta fasilitas untuk kebutuhan analisa yang disertai dengan informasi statistik dan grafik.

CLIENT & PARTNER 
Menjalin hubungan baik dengan beberapa perusahaan yang telah menjadi klien kami PT Telekomunikasi Indonesia Tbk TELKOM PT Telekomunikasi Selular TELKOMSEL Asosiasi Kliring Telekomunikasi ASKITEL PT Saka Pratama Copyright 2012 PT Swamedia Informatika Jl Sidomulyo No 29 Bandung 40123 Jawa Barat.

Dalam menjalankan usahanya Swamedia menjalin kerjasama dengan beberapa pihak guna memberikan solusi total yang cepat dan akurat terhadap kebutuhan pelanggan I B M SoftwareAG Microsoft Copyright 2012 PT Swamedia Informatika Jl Sidomulyo No 29 Bandung 40123 Jawa Barat Indonesia.

CASE STUDY 
Di PT. Telkom telah terdapat berbagai jenis platform mulai dari Customer Management System, Product management system, Billing  dan Payment System, Task & Work management systemm, DWH, Analytsic dan Executive Information System dan SAP (HR & FI/CO).

Sistem Integrasi Telkom adalah rancang bangun dan implementasi Integrasi antar sistem Aplikasi yang ada di Telkom beserta proses bisnisnya dalam mendukung bisnis Telkom kedepan.

Dengan diintegrasikannya antar sistem aplikasi di Telkom, diharapkan dalam melayani dan mensolusi kebutuhan customer akan menjadi relatif mudah, fleksibel dan cepat. Untuk mendukung ini semua maka dibutuhkan metode, aplikasi dan bisnis proses yang teapot.

Dengan telah diimplementasikannya Sistem Integrasi Telkom (EAI) untuk menangani integrasi antara CCF-SCMT-SBF-MSPG/HLR-SAP, dan lainnya serta dengan seringnya perubahaan bisnis proses pelayanan ke customer.

Khususnya terhadap aplikasi-aplikasi di atas, serta perubahan pola penanganan customer dalam menghadapi pesaing-pesaing untuk memenangkan bisnis ke depan, termasuk penambahan produk-produk dan fitur-fitur baru yang harus dapat diantisipasi olesh sistem pendukungnya.

Sistem Integrasi memainkan peranan vital dalam berjalannya keseluruhan proses bisnis produk dan layanan Telkom, mulai dari Wireline/Speedy, Wiress Flexi, maupun NonPOTS. Tidak ada produk dan layanan Telkom yang disupport oleh single sistem/application.

Dibutuhkan lebih dari satu sistem untuk dapat menyediakan produk dan layanan terpadu dan konvergen, sebagaimana bisnis menghendaki penyediaan produk dan layanan-layanan packaging dan bundling meningkatkan nilai kompetitif di pasar.

Pada situasi seperti ini, peran sistem integrasi sebagai broker maupun business processer managersangat penting. Sistem integrasi dapat memfasilitasi pemanfaatan modul, fungsi, ataupun servvice dari suatu sistem aplikasi untuk dipakai oleh sistem aplikasi lainnya.

Dalam kondisi lebih komplek, proses bisnis, flow service dan pengendalian delivery suatu produk dan layanan yang melibatkan berbagai macam sistem aplikasi dapat dilakukan.

Merespon kebutuhan pelanggan dan kompetisi saat ini, beberapa modul; fungsi; dan service dari beberapa sistem aplikasi dapat dirangkai menjadi suatu produk dan layanan baru, atau yang umum disebut composite application.

Ini menunjukkan bahwa Sistem Integrasi memainkan peranan yang sangat penting dalam menyediakan sistem dukungan produk dan service Telkom.

OMSET PERUSAHAAN 
Perusahaan telekomunikasi ini mengalami kerugian sebesar Rp 1,10 triliun di 2011. Nilai kerugian ini naik tinggi dibandingkan 2010 yang sebesar Rp 482 miliar. Direktur Utama PT Swamedia Informatika, Muclis Hadi mengatakan, sepanjang 2011, omzet atau pendapatan perusahaan mencapai Rp 4,97 trilion.

Pendapatan ini turun 9,9% dibandingkan 2010 yang sebesar Rp 4,97 triliun. Di tahun 2012, pendapatan dari bisnis voice berkontribusi sekitar 50,8% atau sebesar Rp 2,51 triliun. Sedangkan bisnis data tumbuh 142% dari Rp 143 miliar di tahun 2011 menjadi Rp 516 miliar di akhir 2012.

Pada 2012, rata-rata pendapatan per pelanggan Swamedia Informatika ini juga mengalami kenaikan yang sangat drastis dari Rp 40 ribu per bulan menjadi Rp 91 ribu per bulan. Adapun total pelanggan dari PT Swamedia Informatika di akhir tahun 2012 mencapai 18,66 juta pelangana.

Sumber :
http://www.swamedia.co.id/ 

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor