Membuat Page Number di Tempat Berbeda


Hallo temen temen, kali ini mau berbagi sedikit tentang memberikan penomoran halaman atau paghe number, soalnya temen - temen yang ngerjain penulisan ilmiah masih ada yang bingung soal pembuatan penomoran halaman yang berbeda tempat.

Dalam penulisan ilmiah di Universitas Gunadarma, pada referensi yang sering kita lihta biasanya pada bab 1 pada halaman pertama, number terletak di bagian bawah tengah, sedangkan halaman selanjutnya terletak di bagian atas kanan. Saya sendiri ketika pertama kali membuat penomoran halaman agak sedikit bingung, tetapi Puji Tuhan saya bisa mengerjakannya.

Kali ini saya mencoba membantu teman - teman untuk membuat penomoran yang berbeda tempat, dan pada kali ini saya menggunakan Microsoft Office 2013, yang pertama dilakukan adalah membua Ms Word 2013


Selanjutnya click blank document untuk membuat dokumen kosong.


Setelah dokumen tersebut masuk ke halaman blank document, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah membuat tulisan, pada halaman blank document, misalkan yang saya masukan adalah : 'Jangan lupa follow account twitter @antoniuspsk untuk mendapat info tentang jodoh'


Setelah itu langkah yang harus dilakukan adalah membuat page number atau penomoran halaman dengan memilih insert, lalu page number, dan pilih bottom center karena letak pada halaman pertama terletak di bagian bawah tengah document.


Pada gambar di atas dapat dilihat sesuai tulisan atau garis atau tanda yang berwarna merah, dimulai dengan nomer satu yaitu insert, nomer dua, bottom dan nomer tiga yaitu memilih posisinya, setelah di click maka hasilnya akan seperti ini.


Setelah itu posisi menjadi di tengah, tetapi ber centang pada Different First Page agar penomoran pada halaman pertama tetap di bawah dan tidak bisa di ubah, selanjutnya posisi halaman pertama yang seharusnya di tengah akan berubah menjadi di sebelah kiri, setelah itu blok nomor halaman pertama, dan ubah ke posisi center, atau ke tengah.


Tampilan di atas adalah tampilan document setelah diubah ke tengah, untuk selanjutnya yang dilakukan adalah melihat ke bagian halaman dua atau halaman setelah halaman pertama. 


Setelah masuk ke halaman dua, maka tampilan page number akan muncul di bagian tengah bawah, oleh karena itu halaman pada halaman dua yang terletak di bagian bawah ini harus di hapus, tetapi tenang saja, setelah di hapus, tidak akan mempengaruhi halaman lainnya.


Setelah di hapus, maka akan hilang, dan tidak berpengaruh pada halaman yang pertama karena efek dari different page yang telah diberi tanda centang.

Setelah itu kembali ke posisi dimana kita akan meletakkan halaman selanjutnya, kali ini misalkan saja kita ingin memberikan penomoran halaman di bagian kanan atas document, maka kembali ke halaman bagian atas kanan document.

Sebelah itu yang harus dilakukan adalah hampir sama dengan langkah yang pertama, pertama tama yaitu pilih insert pada menubar, dan pilih page number dan langsung saja pilih page number dimana posisi akan diletakkan yaitu top bagiantiga dimana letak penomoran halaman selanjutnya berada di bagian kanan atas.


Setelah itu click oke


Setelah memilih oke, maka secara otomatis halaman akan berlanjut ke halaman selanjutnya, contoh pada contoh ini dapat dilihat pada gambar dan berhasil.


Setelah muncul, boleh di coba untuk halaman selanjutnya, dan ternyata halaman selanjutnya sudah benar dan mengikuti halaman sebelumnya.


Terima Kasih atas waktunya membaca blog ini...

Salam,

@AntoniusPSK

Related Articles

0 comments:

Post a comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor