Page yang membuat BLOG anda di sukai pengunjung

Secara umum para blogger profesional selalu memasang 4 halaman statis yang diletakan ditempat yang mudah dilihat dan diklik oleh pengunjung. adanya 4 page statis ini sangat penting karena dengan 4 halaman tersebut para pengunjung anda akan dengan mudah mengenal blog anda dan diri anda sehingga akan tercipta ikatan yang lebih kuat antara blog dengan pengunjung.

Seorang pengunjung yang mendarat disebuah blog yang pertama dilihat adalah kualitas konten. Bila kualitas kontennya dinilai bagus maka pengunjung biasanya ingin mengenal lebih jauh siapa dana apa blog yang dibaca. ke-4 halaman statis ini berfungsi harus bisa memperkenalkan blog anda secara mudah dan menarik.

Halaman statis yang di sukai pengunjung blog  

1. Halaman ABOUT

Halaman about bisa ditulis dengan about me, about this blog, atau about. Isinya adalah memberikan informasi secara singkat namun menyeluruh tentang diri anda dan blog anda.
Anda tidak harus terlalu over membuka rahasia diri anda cukup apa yang berhubungan dengan isi blog saja.

Anda perlu juga menjelaskan maksud dan target dari pembuatan blog anda yang bermanfaat untuk pengunjung. Ingat maksud pembuatan blog anda harus diperuntukan untuk keuntungan pengunjung.
Karena begitu penting dan banyak yang bisa kita ambil dari halaman ABOUT, saya akan bahas di posting yang lain.

2. Halaman kontak

Sudah pasti halaman kontak bertujuan memberikan jalur khusus bagi pengunjung yang ingin berkomunikasi dengan admin blogger. Halaman kontak biasanya menggunakan jalur email bukan chatting karena lebih fleksibel dan tidak mengganggu kegiatan si blogger. Namun ada juga yang menyediakan fasilitas chat agar bisa langsung ngobrol barreng.

Tapi ada kalanya halaman kontak tidak perlu dipasang karena si blogger merasa terganggu oleh email yang isinya spam.

Untuk membuat halaman kontak diblog ini, saya memanfaatkan fasilitas dari plugin WP Affiliasi Cafebisnis yang telah saya oprek sedikit sehingga bisa menampilkan permintaan nomor telpon. Kalau anda tidak punya jangan khawatir karrena ada banyak plugin yang menyediakan halaman kontak.

3. Halaman Sitemap

Halaman sitemap atau peta situs merupakan halaman khusu yang memperlihat link-link langsung menuju daftar konten blog, dengan adanya sitemap pengunjung bisa dengan mudah menuju posting yang diinginkan.

Sitemap XML dibuat untuk mempermudah spider search engine merambah seluruh halaman konten. Untuk halaman sitemap pengunjung berisi daftar posting dan page yang telah anda buat.

Untuk membuat halaman sitemap saya menggunakan Dagon Design sitemap generator plugin.
Cara menggunakannya pun mud.

Setelah anda mendownload plugin sitemap generator dan wenginstallnya, buka page baru di wordpress anda dan berinama sesuka anda misalkan sitemap. Aktifkan menu penulisan model HTML – bukan visual. Lalu talisman kode

<!-- ddsitemapgen -->
Lalu publish. Bila berhasil anda bisa cek di Page baru anda akan tertulis daftar konten yang pernah anda tulis. anda bisa mengatur tampilan sitemap di bagian setting plugin DDsitemapGen.

4. Halaman Privacy Policy

Saya mengartikan bahwa halaman privacy policy adalah halaman yang menjelaskan rambu-rambu apa saja yang anda inginkan terhadap pengunjung blog anda. Karena berisi rambu-rambu tentunya ini berkaitan dengan hukum yang berlaku dan tidak berlawanan dengan hokum.

Kalau anda menggunakan plugin untuk membuat privacy policy sebaiknya halaman tersebut disetting deindex saja karena penggunaan plugin rawan duplikat konten.

Untuk urusan blog bisnis halaman privacy policy sangat disarankan ada, apalagi untuk main adsense karena sekarang halaman privacy policy menjadi sarat web / blog publisher adsense.

Related Articles

8 comments:

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor