Budaya COPAS yang turun temurun

Berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenaii budaya yang sudah tidak asing lagi di telinga kita dan akan ita bahas sedikit mengenai budaya meniru apa yang sudah tercipta dahulu untuk kita salin menjadi hak milik kita atau sering biasa kita dengan yaitu PLAGIARISME .Orang yang sering menirukan karya orang lain untuk di akui sebagai karyanya di sebut plagiat.Budaya copy paste ini banyak sekali memiliki dampak buruk yang dapat menimbulkan effek yang sangat buruk bagi suatu karya dan penciptanya sendiri.Seharusnya budaya tersebut tidak boleh ada dan harus di musnahkan karena budaya tersebut membuat ornag di dunia ini menjadi kehilangan kreativitas mereka di dalam embuat suatu karya .

Copy Paste sebuah artikel atau lebih kita kenal dengan istilah COPAS artikel adalah sesuatu yang sangat mengganggu. Baik dari segi SEO maupun dari segi hak cipta. Karena biar bagaimanapun sebuah artikel adalah hasil pencurahan pikiran yang tentunya menyita waktu dalam sebuah penulisannya. Bahkan terkadang untuk membuat sebuah artikel yang benar2 bermutu, dibutuhkan waktu yang cukup lama.
Dari segi SEO, tentunya konten tersebut akan terdeteksi sebagai konten duplikasi. Bayangkan, betapa menyedihkan jika artikel yang kita tulis dan kita posting ternyata dianggap duplikat oleh Google. Tentunya akan mempengaruhi pada kondisi Blog kita dimata Mbah Gugel. Sedangkan dari segi hak cipta, kerugian si pengarang menjadi bertambah karena jerih payah yang telah dilakukan ternyata disalahgunakan oleh orang lain untuk mendongkrak popularitas.
Istilah copy paste mungkin tidak asing lagi bagi para blogger. Tindakan copy paste kian marak dilakukan agar blog menjadi cepat eksis di mesin pencari dan meningkatkan pengunjung. Dibandingkan dengan menulis, dengan copy paste puluhan artikel dapat dipublikasikan dalam waktu kurang dari 1 jam. Sebenarnya tindakan ini sangat boleh dilakukan jika si pemilik web / blog juga mengizinkan untuk di-copy paste. Yang tidak boleh adalah tanpa mengubah struktur kalimatnya dan tidak mencantumkan sumber yang jelas. Dengan demikian copy paste diperbolehkan selama mencantumkan sumber yang jelas.

Banyak yang mengatakan bahwa tindakan plagiat adalah sama saja dengan mencuri. Mencuri ide? Di dalam agama Islam sendiri tidak ada larangan untuk meniru orang lain. Malahan kita dianjurkan untuk mencari ilmu setinggi - tingginya dan mengamalkannya. Kalau jiplak - menjiplak tidak diperbolehkan, tidak ada Al - Qur'an sampai sekarang. Sejauh ini belum ada fatwa haram tentang plagat.

Sebenarnya apa yang dibuat oleh manusia tidak murni berasal dari pikiran manusia. Pengertian plagiat hanya dijelaskan secara istilah saja. Pada ensiklopedia bebas wikipedia.org, plagiat diartikan sebagai mengambil seluruh atau sebagian hasil karya orang lain dengan atau mengubah.  Manusia hanya bisa membuat, bukan mencipta. Jadi, jika Anda membuat suatu artikel, pasti telah terpengaruh dari apa yang Anda lihat, dengar, dan apa yang Anda baca. Anda tidak mungkin membuat suatu karya yang tiba - tiba keluar dari pikiran Anda kecuali Anda melakukan penelitian.  Perhatikan contoh yang satu ini! Anda ingin membuat artikel tentang "hukuk Newton". Walaupun Anda sudah hafal dengan teorinya tanpa harus membaca buku, tentu saja berarti Anda menuliskan kembali apa yang dikatakan oleh Newton. Apakah tindakan ini termasuk tindakan plagiarisme?
Sungguh arogan bagi orang yang tulisanya tidak diperbolehkan untuk diperbanyak. Padahal tijuan menulis artikel adalah untuk berbagi ilmu, bukan membuktikan bahwa ia hebat dalam membuat artikel. Bukankah kita senang jika ada orang yang menyukai artikel kita? Ilmu dipelajari juga untuk disampaikan bukan diumpatkan.
Dapat kita simpulkan jika Anda ingin membuat suatu artikel, Anda baca dulu artikel dari berbagai sumber yang sesuai dengan tema artikel Anda. Tidak disertakan sumberpun tidak apa - apa. Tapi saya sarankan untuk mencantumkan sumberya dengan maksud untuk memperkuat fakta pada artikel Anda
Jadi pada akhirnya cara menyelesaikan masalah ini yaitu dengan memblokir akun akun yang tidak bertanggung jawab dan yang telah melakukan tindakan plagiatisme dan akan menghancurkan kreativitas dan juga kecerdasan anak bangsa di negara kita Indonesia .Akhir kata trima kasih atas perhatianny .

Related Articles

2 comments:

  1. Hai...
    Mahasiswa Gunadarma ya?
    kok gak ada link UG nya sih ?
    tambahin doooong :p
    misalnya,
    > http://gunadarma.ac.id
    > http://studentsite.gunadarma.ac.id
    > http://baak.gunadarma.ac.id




    Teman Universitas Gunadarma lagi ngadain lomba fotografi nih,
    buat info lengkap lihat disini ya...
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755




    Blom pasang RSS ya...
    biar update info tentang Universitas Gunadarma pasang dooong !!!
    caranya bisa lihat disini ya teman :
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya jarang update blog kecuali ada tugas sama kalo ada curhatan doang hehee,

      makasih banyak ya infonya semoga berguna untuk kemajuan Blog ini hehehe

      Delete

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor