Cara Bertahan Sambil Menunggu Gajian Datang


Dengan berlalunya Hari Raya Idul Fitri, Tunjangan Hari Raya (THR) yang disambut sukacita para karyawan setiap jelang Lebaran pun habis. Apakah kamu termasuk karyawan yang sedang menghitung hari detik demi detik menuju gajian?

Oleh karena itu, saat menerima THR, gaji atau bonus, jangan dibelanjakan semua. Ingat, setelah liburan masih ada beberapa minggu, di mana Anda mulai masuk kerja lagi. Nah, sekarang pintar-pintarlah mengatur keuangan agar gaji cukup sampai akhir bulan.

Berikut beberapa hal penting yang harus kamu lakukan agar bisa survive dengan sisa uang yang ada:

1. Menabung
Setelah menerima gaji dan THR jangan dibelanjakan semua untuk keperluan mudik dan Lebaran. Sisihkan juga untuk keperluan bulan berikutnya, seperti membayar cicilan rumah, kredit mobil, asuransi, uang sekolah anak, listrik dan air dll. Ingat, setelah mudik dan Lebaran kamu harus bekerja lagi dan masih harus menunggu sampai gajian tanggal berikutnya.
  
2. Pekerjaan sampingan 
Ada baiknya kamu mempunyai pekerjaan sampingan sehingga tidak hanya mengandalkan pemasukan dari gaji bulanan. Pemasukan dari pekerjaan sampingan dapat digunakan untuk menambal "kebocoran" keuangan rumah tangga.

3. Mengubah pola pikir
Jika kamu sudah menabung dan punya pekerjaan sampingan, hal yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mengubah pola pikir untuk lebih hemat. Hentikan pengeluaran yang tidak perlu, dan fokus pada kebutuhan dan bukannya keinginan.

4. Bawa bekal makan siang
Hindari makan di luar saat makan siang di kantor. Sebagai gantinya, bawa makanan yang sudah dimasak dari rumah. Selain bisa menghemat, kebersihannya juga lebih terjaga.

5. Bermain di taman 
Lupakan dahulu mal atau pusat perbelanjaan. Saat libur akhir pekan, ajak anak-anak bermain ke taman dan bawa bekal makanan dari rumah. Saat ini sudah ada banyak taman-taman kota yang dibangun pemerintah provinsi. Selain gratis, ada banyak fasilitas menarik dan penjual mainan dan makanan yang harganya lebih murah daripada di mal.  

6. Nonton DVD 
Setelah bekerja untuk melepaskan urat-urat syaraf yang tegang kamu butuh hiburan. Pergi bioskop akan menghabiskan banyak uang, beli tiket bioskop yang memang sudah mahal, beli makanan dan minuman belum lagi bensin dan parkir. Agar tetap bisa nonton dan terhibur pinjam atau copy film untuk ditonton di rumah. Ini bisa lebih hemat.

7. Cuci mobil atau motor sendiri  
Setelah digunakan untuk mudik dan jalan-jalan, mobil atau motor akan kotor. Kalau sedang malas biasanya kita mencuci mobil atau motor di tempat cuci kendaraan. Biasanya untuk mobil bisa mencapai Rp40.000 atau lebih sementara motor bisa mencapai Rp 15.000. Jika kamu lakukan pekerjaan mencuci mobil atau motor sendiri tentunya akan lebih hemat.

Source : Qerja.com

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor