Web Sosial


Di Blog ini, saya akan mencoba membahas mengenai jejaring sosial masyarakat yang menjadi makanan sehari hari para user dari seluruh dunia.Dengan adanya jejaring sosial yang ada di kalangan masyarakat banyak membantu mereka untuk melakukan berbagai hal.Misalkan saja dapat mempermudah pencarian orang yang mungkin saja sudah lama anda tidak temui.Selain itu jejaring sosial juga bisa digunakan sebagai media untuk memperoleh informasi dari mana saja tanpa terbatas oleh waktu.Jejaring sosial yang digunakan oleh kebanyakan user / pengguna misalnya adalah FACEBOOK atau biasa di singkat fb.

Facebook 

Sudah triliunan orang dari seluruh dunia yang menggunakan situs jejaring sosial ini.Dapat kita lihat dari berapa banyak nya orang yang memiliki facebook dari kalangan mana saja.Ada yang muda dan ada juga yang sudah tua.Biasanya untuk kalangan muda digunakan sebagai media informasi atau untuk sekedar menambah teman dan memperbanyak koneksi untuk berbagai macam hal.Untuk mereka yang tua biasanya menggunaka facebook untuk menemukan teman lama mereka di masa muda yang sudah lama tidak bersua .Mungkin saja dengan adanya facebook dapat meolong mereka untuk dapat bernostalgia di masa lalunya.Selain itu facebook menyediakan fitur fitur yang luar biasa berguna untuk para penggunanya.Mereka menyediakan fasilitas chatting agar mereka yang secara bersamaan dalam keadaan online bisa saling menyapa di dalam chat tersebut.Facebook juga dapat digunakan untuk membuat suatu komunitas atau suatu halaman yang bisa di gunakan sebagai media informasi.Misalkan saja suatu Komunitas Photography di kota bekasi ,agar mereka memiliki banyak koneksi dan jaringan yang luas ,pasti mereka membuat suatu grub di facebook.Dengan adanya grub tersebut,maka para pengguna dapat masuk ke dalam grub tersebut untuk mendapatkan informasi mengenai photography dan bisa masuk ke dalam komunitas tersebut.Facebook juga menyediakan fasilitas permainan.Banyak sekali permainan yang ada di dalam facebook.Mungkin si pencipta facebook ingin membuat facebook tersebut menjadi multifungsi untuk berbagai macam hal.Banyak yang bisa di dapat dari menggunakan facebook itu sendiri.Kebanyakan orang juga menggunakan facebook untuk hanya sekedar mengUpdate statusnya , dan mereka menulis apa yang sedang mereka lakukan saat itu ,para pengguna facebook juga bisa memberi tanggapan lewat komentar di dalam status pengguna yang lainnya sehingga mereka semua dapat melakukan interaksi antara satu dengan yang lainnya.Facebook yang sekarang juga di lengkapi dengan security yang sangat kuat sehingga tidak sembarang orang untuk dapat dengan mudah untuk mengambil alih facebook seseorang.Walaupun terlihat agak ribet,tetapi dengan adanya security tersebut,pengguna menjadi bisa lebih tenang oleh ulah dari orang orang yang tidak di inginkan kedatangannya di dalam facebook mereka.Dengan semakin majunya teknologi di dunia yang mana penggunaan internet sudah wajib ada di dalam patron patron seperti telpon seluler ,maka tidaklah heran banyak yang menggunakan facebook dari kalangan mana saja.Jadi facebook bisa di gunakan dari mana saja,yang paling banyak menggunakan phone yang sudah di lengkapi dengan fitur fitur internet,begitu juga dengan smartphone yang sekarang sedang mem booming ,maka facebook menjadi salah satu jejaring sosial yang ppaling banyak di gunakan di kalangan masyarakat itu sendiri.

Twitter

Selain dari facebook ,salah satu jejaring sosial yang lumayan mem booming dan memiliki triliunan pengguna dari berbagai belahan dunia adalah TWITTER.Situs jejaring sosial yang ini berbeda dengan facebook yang bisa memiliki fungsi banyak.Di dalam twitter orang bisa mengupdate statusnya dang bia di komen dengan cara me retweet atau menyambungkan komentarnya dengan status aslinya.Twitter tidak menyediakan fsilitas chat seperti halnya pada facebook.Tetapi twitter cukup menjanjikan mengingat masih banyak pengguna facebook yang belum semuanya beralih ke twitter.Lumayan susah untuk pengguna yang tidak menggunakan handphone yang bisa di gunakan untuk koneksi  internet.Di dalam twitter terdapat following dan juga followers di mana following merupakan jumlah akun orang yang sudah kita ikuti atau kita follow,Akun twitter yang kita follow apabila setian dia mengupdate, pasti akan masuk ke dalam home / Time Line dari twitter kita.Begitu juga followers yang kalian punya adalah mereka yang mengikutin kalian dan setiap kali kalian mengubah, maka tweet kalian akan masuk ke dalam bagian home daeri followers kalian.Banyak para user dari facebook yang beralih ke twitter dengan dalih bosan dengan tampilan facebook yang hanya itu itu saja setiap kali online,sehingga mereka memilih untuk singgah ke twitter.Twitter di lambangkan denga burung yang berwarna biru tua.Di twitter akan mengupdate setiap ada pembaharuan di dalam twitter mereka.terdapat mention berarti kita memanggil account lain agar mereka dapat melihat aktivitas yang di lakukan si pengguna itu pada awalya.Banyak dari kalangan artis pun yang menggunaka twitter dan bila dibandingkan dengan facebook,tingkat keaslian akun di teitter lebih baik apabila di bandingkan dengan facebook yang banyak sekali oknum oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan duplikasi terhadap akun yang asli semisal biasa yang di duplikasi adalah artis yang sudah terkenal. Twitter menyimpan sebuah potensi yang sangat besar yang sayang untuk disia-siakan begitu saja. Twitter sendiri merupakan sebuah perpaduan antara SMS dan internet yang menawarkan cara yang sederhana, seketika dan fleksibel. Dikatakan sederhana karena menggunakan layanan Twitter sangat mudah, semudah menggunakan SMS. Layanan Twitter juga dapat dikatakan seketika karena dengan menekan sebuah tombol, informasi yang Anda sampaikan langsung disebarluaskan. Selain itu penggunaan Twitter juga sangat fleksibel. Apapun perangkat yang Anda miliki, komputer, laptop, tablet pc, hingga handphone monokrom dapat digunakan untuk berbagi tweet.

MySpace

Selain facebook dan juga twitter , situs jejaring sosial masyarakat yang sangat banyak digunakan adalah myspace.MySpace merupakan salah satu jejaring sosial di masyarakat untuk sekedar mengupdate kegiatan yang sedang mereka lakukan.Biasanya orang yang menggunakan My Space adalah kalangan yang memiliki kegiatan di dunia hiburan nasional,misalkan saja pemusik yang sudah terkenal,atau bisa juga pelawak terkenal semisal tukul, pasti mereka memiliki My Space.Di dalam my space bisa mengupload lagu misalkan suatu band yang baik akan menjalankan misinya dengan baik.My Space memiliki pengguna yang luar biasa banyaknya ,tetapi apabila di bandingkan dengan jejaring sosial yang lainnya semisalkan faccebook atau pun twitter,tetapi ini berbeda dari yang dimiliki facebook dan juga twitter. Ada beberapa manfaat yang terdapat dalam situs jejaring sosial Myspace. Jika disimak lebih jauh, sebenarnya banyak terdapat manfaat yang dimiliki oleh layanan jejaring sosial ini. Diantaranya.MySpace memiliki sebuah aplikasi kalender yang diletakkan tepat pada halaman profil Anda. Aplikasi ini tergolong mudah digunakan dan juga Anda tidak akan kesulitan ketika ingin berbagi (share) informasi menggunakannya. Calender app juga dapat digunakan sebagai reminder.Aplikasi blog di dalam MySpace sangatlah mudah digunakan. MySpace merupakan salah satu diantara semua aplikasi blog yang dapat dioperasikan walau pengguna belum memiliki pengalaman sama sekali. Apabila Anda membandingkan MySpace dengan Microsoft Live Spaces, Yahoo 360 atau bahkan WordPress, MySpace lebih unggul dari sisi kemudahan penggunaan.Ketika banyak orang yang memposting buletin pada situs jejaring sosial lainnya, mereka sangat jarang membaca semuanya. Pada MySpace, entah mengapa semua buletin yang Anda posting akan mudah dibaca oleh teman ataupun grup Anda.Membuat account di MysSpace cukup mudah anda minimal anda harus berumur diatas 14 tahun dan informasi yang dibutuhkan untuk membuat account adalah.
  • Email
  • Nama depan dan belakan
  • Password
  • Negara asal
  • Kode pos
  • Tanggal lahir
  • Menyetujui perjanjian yang ada
Dengan demikian, Myspace bisa menjadi salah satu jejaring sosial yang mungkin bisa anda buat sekarang.Profil dalam MySpace berisi dua standar "blurbs", yaitu bagian "About Me" dan "Who I'd Like to Meet”. Profil juga memuat bagian "Interests" dan "Details". Pada bagian "Details", status dan daftar zodiak selalu ditampilkan kecuali jika anggota tidak mengisinya. Profil juga berisi blog dengan aspek standar untuk isi, emosi, dan media. MySpace juga dapat mengunggah gambar. Salah satu gambar dapat dipilih untuk menjadi gambar default, yaitu gambar yang akan terlihat pada halaman utama profil, halaman pencarian, dan juga sebagai gambar yang akan muncul di samping nama pengguna pada komentar, pesan, dan lain-lain. Tersedia pula sebuah editor foto oleh FotoFlexer yang tidak hanya dapat memotong gambar dan mengantur kontras, tetapi juga dapat mengubah foto menjadi kartun atau memasang wajah pengguna dalam foto bergambar uang $100. Seperti pada layanan video MySpace, flash bisa dimuat. Tersedia pula fitur blogging. Fitur-fitur ini bisa disimpan di profil dengan menggunakan pengkostumisasi modul atau menggunakan kode HTML/CSS. Foto bisa ditampilkan di MySpace, tidak dengan link seperti zaman tahun-tahun sebelumnya. Dan foto-foto dapat dibuat menjadi bentuk slide show.

Sekian mengenai apa yang saya bahas mengenai beberapa contoh web sosial yang ada di masyarakat dunia . :D



Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Silahkan dicomment ya, dan kalo ada yang mau ditanya silahkan tulis di bawah ini ^_^v

Visitor